Maratua Jazz & Dive Fiesta 2015 Gabungkan Komunitas Diving dan Penikmat Jazz

Jakarta –  Dibanyak tempat, Jazz bukan sekedar musik. Ia merupakan bahasa pergaulan dunia yang mudah beradaptasi dan menyesuaikan kultur dimanapun. Sebagai salah satu cara berkomunikasi, Jazz merupakan medium efektif untuk menggerakkan insan kreatif sekaligus diplomasi dalam tatanan kultural Jazz merupakan salah satu musik dengan sejarah yang panjang dan kemampuan survival yang tinggi terhadap perkembangan zaman Jazz kini juga difahami tak hanya sebatas musik, tapi telah menjadi lifestyle. Dengan banyaknya event Jazz di berbagai tempat di Indonesia di yakini penggemar Jazz akan melakukan perjalanan ke setiap lokasi dimana event Jazz di laksanakan sekaligus menikmati potensi wisatanya.

Agus Setiawan Basuni, founder sekaligus festival director Maratua Jazz & Dive Fiesta yang juga managing director WartaJazz menyatakan, “Ini merupakan respon kami terhadap gagasan Nawacita yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. Sebuah kehormatan bagi kami menyapa dunia dengan Jazz yang akan digelar di Pulau Maratua, surga di utara Indonesia”.

Bapak Dr. Sudirman Saad, M. Hum, Direktur Jenderal KP3K, KKP menegaskan, “Event ini sejalan dengan program dan kebijakan KKP dalam pendayagunaan pulau-pulau kecil terluar dengan mengembangkan kegiatan yang cukup inovatif melalui event jazz ini. Bagi masyarakat di pulau akan mendapatkan banyak manfaat peningkatan ekonomi dengan adanya wisatawan yang datang dan yang paling penting negara hadir dalam mengembangkan pulau-pulau terluar Indonesia melalui berbagai program dan kegiatan”

Bupati Berau Drs H. Makmur HAPK, MM menambahkan, “Kab. Berau sangat mendukung kegiatan ini untuk mempromosikan Maratua sebagai destinasi bahari dan kami sudah menyiapkan infrastruktur pendukung seperti bandara di Maratua yang akan di operasionalkan pada tahun ini jug. Harapan saya bisa meningkatkan kunjungan wistawan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat di pulau Maratua.

Dari sisi Pariwisata, Event Jazz akan menjadi daya tarik kedatangan wisatawan dan menegaskan posisi sebuah destinasi wisata sebagai destinasi yang pantas di perhitungkan sebagai destinasi yang berkualitas untuk di kunjungi.

Indonesia terkenal dengan kekayaan bawah laut yang sangat luar biasa dan wisata bahari di Indonesia terus berkembang dari tahun ke tahun. Saat ini pecinta wisata bahari khususnya Diving terus berkembang di berbagai kota besar di Indonesia dan Diving telah menjadi lifestyle bagi masyarakat perkotaan. Kepulauan Derawan khususnya Pulau Maratua merupakan destinasi Diving yang cukup di kenal oleh para pencinta bawah laut baik lokal, nasional bahkan Internasional. Lebih dari 40 dive site dapat di nikmati di gugusan Kepulauan Derawan.

Acara Maratua Jazz and Dive Fiesta merupakan upaya untuk mempromosikan destinasi wisata Kabupaten Berau khususnya Pulau Maratua. Event ini bertujuan untuk menggabungkan 2 komunitas yaitu komunitas diving dan penikmat jazz dalam satu acara dan merupakan event pertama di Indonesia di Pulau Terluar Indonesia yang menegaskan eksistensi Pulau Maratua sebagai beranda depan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Direktur Eksekutif KEHATI Bapak M. S. Sembiring mendukung, “Merupakan kepedulian dan komitmen KEHATI untuk mendukung inisiatif masyarakat dalam menjaga keanekaragam hayati sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat. Melalui berbagai kegiatan seperti pengembangan EkoWisata bahari berbasis masyarakat di pulau maratua”.

  • Maratua Jazz & Dive Fiesta 2015
  • akan diadakan pada tanggal 11-12 September 2015
  • at Maratua Island Berau Regency – East Borneo

Maratua Jazz & Dive Fiesta akan menghadirkan musisi Jazz kenamaan Indonesia, salah satunya pianis Idang Rasjidi dengan Idang Rasjidi Syndicate-nya yang didukung bassis Shadu Rasjidi, Drummer Shaku Rasjidi, saxophonis muda Ricad Hutapea dan perkusionis handal Iwan Wiradz.

Pulau Maratua adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Malaysia dan merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Ditinjau dari sudut pertahanan negara, menyelenggarakan sebuah acara berskala internasional akan menegaskan eksistensi Bangsa Indonesia. Dengan keanekaragaman hayati yang sangat kaya dan bagian penting dari Pusat Terumbu Karang Dunia (Coral Triangle) dan telah menjadi Kawasan Konservasi Taman Pesisir dan Laut Kepulauan Derawan, Maratua – beserta pulau-pulau disekitarnya, merupakan surga atau paradise yang menegaskan potensi pariwisata yang dapat terusdikembangkan. Empat kampung di pulau Maratua yang bertransformasi menjadi eco-village merupakan garda depan dalam konteks pariwisata dan konservasi yang merupakan subject yang patut dibackup dengan sebuah kegiatan pengembangan berbasis komunitas atau community development. Pulau Maratua juga dapat menjadi wahana pembelajaran bagi generasi muda dengan mengenal lebih dekat potensi sekaligus tantangan dan ancaman yang dihadapi pulau – pulau kecil terluar.

Tayang di https://acara.co.id/event/maratua-jazz-dive-fiesta-2015-gabungkan-komunitas-diving-dan-penikmat-jazz/