Bersepeda Keliling Pulau dalam “Gowes Maratua Jazz”

Bersepeda Keliling Pulau dalam “Gowes Maratua Jazz”

JAKARTA, KOMPAS.com — Selain menjanjikan kenikmatan bagi para penyuka jazz dan diving, Maratua Jazz & Dive Fiesta juga memiliki kegiatan lain yang diharapkan akan menjadi seru bagi para pecinta kegiatan bersepeda.

Kegiatan dalam event yang akan diselenggarakan pada 11 dan 12 September 2015 itu bernama Gowes Maratua Jazz. Para pesertanya akan bersepeda mengelilingi Pulau Maratua di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Mereka akan melalui sejumlah desa di Pulau Maratua. Perjalanan tersebut akan bermula di Desa Bohe Silian dan berhenti di Desa Bohe Bukut, tempat Maratua Jazz & Dive Fiesta.

Untuk ambil bagian dalam kegiatan itu, para peserta akan dijemput di tiga tempat, yaitu  Tarakan (Kalimantan Utara), Tanjung Redep, dan Tanjung Batu (Berau, Kalimantan Timur). Dari ketiga tempat tersebut, mereka akan menuju Pulau Maratua, yang merupakan salah satu dari 92 pulau terluar yang berbatasan dengan wilayah Malaysia.

Dari sisi jazz, Maratua Jazz & Dive Fiesta akan menghadirkan sejumlah artis musik jazz terkenal Indonesia. Salah satunya, pianis dan pemain keyboard Idang Rasjidi dengan Idang Rasjidi Syndicate-nya, yang terdiri dari dua putra Idang, yaitu pemain bas Shadu Rasjidi dan drummer Shaku Rasjidi, pemain saksofon Ricad Hutapea, perkusionis Iwan Wiradz, vokalis Tata, dan pemain gendang Andam.

Akan hadir pula Syaharani and Queenfireworks (ESQI:EF), dengan formasi Syaharani (vokal), Donny Suhendra (gitar), Andy Gomez (keyboard), Eddy Syakroni (drum), dan Bekti Sudiro (bas). Band asal Kalimantan Timur YK Samarinda dan Berau Jazz Band juga akan tampil.

Sementara itu, dari sisi diving, Kepulauan Derawan, khususnya Pulau Maratua, dikenal dengan alam bawah lautnya yang kaya. Ada lebih dari 40 dive site di Kepulauan Derawan.

Bupati Berau, Makmur HAPK, berharap event itu bisa membantu promosi Pulau Maratua sebagai wilayah tujuan wisata.

“Harapan saya bisa meningkatkan kunjungan wisatawan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat di Pulau Maratua,” kata Makmur dalam keterangan pers tertulis yang diterima oleh Kompas.com pada Rabu (2/9/2015).”Ini merupakan respons kami terhadap gagasan Nawacita yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. Sebuah kehormatan bagi kami menyapa dunia dengan Jazz yang akan digelar di Pulau Maratua, surga di utara Indonesia,” terang Agus Setiawan Basuni, founder dan festival director Maratua Jazz & Dive Fiesta, yang juga managing director WartaJazz, dalam keterangan pers tertulis yang sama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Bersepeda Keliling Pulau dalam “Gowes Maratua Jazz””, https://entertainment.kompas.com/read/2015/09/02/205218610/Bersepeda.Keliling.Pulau.dalam.Gowes.Maratua.Jazz..
Penulis : Tri Susanto Setiawan

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.