Ajang Kreatif di Halaman Depan

Ajang Kreatif di Halaman Depan

MARATUA Jazz and Dive Fiesta (MJDF) tinggal hitungan hari. Pada Jumat (11/9) mendatang, event jaz yang memadukan konsep musikalitas jaz dengan kegiatan menyelam tersebut mulai digelar di Pulau Maratua, Berau. Selama dua hari, pulau terluar di Kepulauan Derawan itu akan dimeriahkan penampilan musisi jaz Tanah Air.

Salah seorang yang dipastikan memeriahkan MJDF adalah maestro musik jaz Tanah Air Idang Rasjidi. Kepada Kaltim Post, laki-laki yang akrab disapa Om Idang itu mengatakan bahwa sebagai orang Indonesia, acara-acara seperti MJDF dimulai sejak awal untuk promosi destinasi wisata. “Jadi, enggak ada lagi istilah pulau terluar berpenduduk,” ujarnya.

Daya tarik alam Maratua seharusnya didorong jadi destinasi wisata internasional yang cantik. Ia menambahkan, ibarat rumah, Maratua adalah halaman depan Indonesia. Oleh karena itu, program berkelanjutan mempercantik halaman depan rumah tersebut harus ada. “Kalau halaman depan cantik akan memperlihatkan siapa dan bagaimana si ‘pemilik rumah’,” tuturnya. Ia mengajak semua kalangan mendukung acara tersebut. “Ayo, semua dukung acara ini karena kita orang Indonesia,” ujar pianis dari Idang Rasjidi Syndicate itu.

Terpisah, musisi jaz lain yang juga akan memeriahkan MJDF, Indro Hardjodikoro, mengaku senang banyak festival jaz di Indonesia. “Dengan begini, musisi dan musik Tanah Air bisa maju,” ujarnya. Konsep yang ditawarkan MJDF punya nilai lebih. Memadukan jaz dengan wisata bawah air sangat kreatif.

Maratua dipilih karena punya destinasi menyelam terkenal di kalangan pencinta wisata bawah laut. Ada sekitar 40 spot bisa diselami di gugusan Kepulauan Derawan. Tak hanya festival jaz dan menyelam, panitia bekerja sama dengan masyarakat Maratua menyediakan paket wisata untuk menyambut gelaran event tersebut. Sebut saja Gowes Maratua Jazz, Diving Maratua Jazz, transplantasi karang, Island Hopping, food festival, mancing, dan lainnya.

Kegiatan MJDF diinisiasi WartaJazz.com dan Yayasan Berau Lestari, dilaksanakan Jalamaya Productions. Didukung penuh Pemkab Berau, Pemprov Kaltim, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata serta mitra pendukung lainnya seperti Yayasan KEHATI, Berau Coal, ElJhon Indonesia, Miss Scuba Indonesia, Chevron, PHRI, Paperina, Dompet Dhuafa, Paguntaka Travel Tarakan, DD Tour & Travel, Maratua Dive Center, Global Dive, Forum Komunikasi Maritim Berau, NDT,Yayasan Penyu Berau, Terangi, Yayasan Dharma Bakti Berau Coal.

Tayang di http://kaltim.prokal.co/read/news/242965-ajang-kreatif-di-halaman-depan

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.