Harus bangga jadi orang Maratua

KEHADIRAN Idang Rasjidi dalam gelaran Maratua Dive & Jazz Fiesta 2015, tak sekadar menyuguhkan keahliannya dalam memainkan musik jazz. Pria kelahiran Pangkal Pinang, Kepulaun Bangka Belitung ini memberi banyak ide dan menumbuhkan rasa peduli masyarakat Maratua terhadap salah satu pulau terluar Indonesia itu.

Sejak menginjakkan kaki di Pulau Maratua beberapa bulan lalu, Pianis Jazz ini langsung terkagum. Malah, Pulau Maratua menjadi salah satu inspirasinya menciptakan instrumen musik untuk Maratua. “Saya sangat bersyukur sekali bisa ada di sini, di pulau yang sangat indah dan cantik luar biasa ini. Makanya saya membuat sebuah instrumen yang berjudul Maratua. Itu adalah bentuk ekspresi dan bangga menjadi bagian dari Pulau Maratua,” ungkap musisi 57 tahun ini.
Idang yang berada di Maratua untuk mengisi Maratua Dive & Jazz Fiesta 2015 sejak Jumat (11/9), banyak berinteraksi dengan masyarakat setempat. Ia berharap masyarakat Maratua punya rasa bangga dan menjaga pulau yang punya potensi wisata bahari ini bersama-sama. “Kita harusnya bersyukur kepada Allah SWT karena telah diberi tempat seperti ini, masyarakat yang ada di Maratua harusnya bangga menjadi masyarakat Maratua,” imbuhnya.

Mengenai kebersihan dan fasilitas di pulau wisata ini, Idang berharap masyarakat bekerja sama dengan seluruh stakeholder menyiapkan tempat sampah tiap satu kilometer. Hal itu untuk meminimalisasi ulah masyarakat atau wisatawan yang membuang sampah sembarangan. “Sayang pulau yang indah dan pantai yang biru ini jika dipenuhi sampah,” pungkasnya. (txe/udi)

Tayang di http://berau.prokal.co/read/news/38170-harus-bangga-jadi-orang-maratua