Maratua Jazz and Dive Festival, Dua Keindahan di Maldives van Borneo

Maratua adalah daratan terluar Indonesia dan masuk dalam wilayah Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Maratua sendiri memiliki potensi wisata yang mengagumkan, baharinya menyimpan sejuta pesona yang akan membuat kamu langsung jatuh hati. Oleh sebab itu, berbagai pihak bahu membahu mempromosikan Kabupaten Berau, khususnya Maratua sebagai destinasi liburan andalan.

Baca juga : Mau Naik Kereta Api Mewah Ala Presiden? Bisa Banget!

Salah satu upayanya terlihat dari gelaran Maratua Jazz and Dive Festival yang sebentar lagi akan diadakan. Dari namanya saja kamu sudah bisa menebak kan, kalau dua hal seru akan menjadi suguhan utama dalam festival di Maratua tersebut? Ya, selain pertunjukan jazz, juga ada festival selam dengan skala internasional. Berikut ini adalah beberapa hal tentang Maratua dan agenda festivalnya tersebut.

1. Keindahan Maratua

Maratua adalah kawasan konservasi taman laut dan pesisir Kepulauan Derawan, itulah mengapa keindahannya tetap terjaga hingga saat ini. Karena menyimpan sejuta pesona bahari, maka Maratua bersama dengan pulau-pulau lain di sekitarnya mendapatkan perhatian, termasuk dari pemerintah setempat untuk dikembangkan menjadi lokasi wisata terkenal bahkan sampai ke telinga turis mancanegara. Hasil dari pengembangan itu kian menunjukkan hasil, terbukti kunjungan wisatawan yang ingin menyelam dan menyingkap pesona bawah laut Maratua terus meningkat. Bukan hanya ikan kecil dan terumbu karang saja, tapi ada ubur-ubur tanpa sengat, penyu, manta, hiu, barakuda, hingga hiu paus.

Maratua Jazz and Dive Festival [image source]
Maratua Jazz and Dive Festival [image source]

Para penyelam datang ke Maratua bukannya tanpa alasan, tapi untuk membuktikan sendiri bagaimana keindahannya. Ada sekitar 40 titik selam di sekitar Maratua, membuatnya jadi tempat favorit para penyelam, baik lokal maupun dari luar negeri. Kawasan baharinya yang seperti surga juga masuk dalam daftar 16 destinasi wisata indonesia andalan dalam program Destination Management Organisation (DMO). Kamu juga harus tahu jika letak Maratua berada di  pusat terumbu karang dunia (coral triangle). Nggak heran jika kekayaan lautnya menjadi salah satu yang terbaik di dunia, kita orang Indonesia tentu harus bangga dengan hal itu.

2. Makin Keren dengan Adanya Maratua Jazz and Dive Festival

Alamnya memang indah, tapi waktu yang paling pas berkunjung ke Maratua adalah saat digelarnya Maratua Jazz and Dive Festival. kamu akan menemukan paduan keindahan alami dengan pertunjukan musik jazz di Maratua. Rencananya, gelaran tersebut akan diadakan pada tanggal 7 hingga 8 Oktober mendatang. Beberapa pihak yang bergabung dan ambil bagian dalam menyukseskan acara tersebut adalah WartaJazz, Yayasan Berau Lestari, Pemerintah Kabupaten Berau, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan RI di dukung berbagai komunitas dan instansi lain.

Maratua Jazz and Dive Festival [image source]
Maratua Jazz and Dive Festival [image source]

Sebenarnya terdapat rangkaian kegiatan yang menarik dan seru demi membuat festival tersebut jadi daya tarik untuk wisatawan. Tentu saja yang utama dan puncaknya adalah konser jazz. Akan tampil di panggungnya talenta-talenta luar biasa dari maestro jazz Indonesia. Lokasi yang dipilih dan dianggap paling keren adalah pinggir pantai dengan latar belakang pelabuhan serta kapal-kapal yang tertambat. Di kejauhan ada Pulau Kakaban, kamu pasti akan takjub jika ada di lokasi saat matahari akan terbenam, pemandangan sunset di Maratua adalah salah satu yang terkeren.

3. Tidak hanya Soal Musik

Ada tujuan dan harapan besar dibalik acara Maratua Jazz and Dive Festival. Bukan hanya semata-mata bermain musik, nyanyi kemudian disoraki. Banyak pihak berharap dengan adanya pertunjukan seperti itu, kunjungan wisata ke Maratua akan meningkat dan keindahannya akan semakin membahana. Salah satu kegiatan kerennya adalah penanaman mangrove atau bakau di Maratua. Aksi tersebut akan mengajarkan bagaimana melindungi alam juga penting. Selama tempatnya terjaga, kita yang berada di sekelilingnya akan selalu merasa nyaman.

Maratua Jazz and Dive Festival [image source]
Maratua Jazz and Dive Festival [image source]

Puas jalan-jalan, kamu bisa berburu kuliner buatan kelompok  Ekowisata Pulau Maratua. Ada ikan bakar, sayur hingga sajian pisang goreng berbumbu kacang. Makanan tersebut adalah sebagian yang menjadi menu andalan di Maratua. Jika kamu kebetulan suka sekali dengan diving atau menyelam, bisa juga mengikuti festivalnya. Ada aneka biota laut dan terumbu karang yang menunggumu.

4. Kegiatan yang Super Seru

Selain menyelam dan pertunjukan jazz, pihak penyelenggara juga menawarkan paket liburan lain yang bisa kamu pilih sesuai dengan seleramu. Salah satunya adalah paket nice dan easy, di dalamnya terdapat berbagai kegiatan menarik seperti fotografi, island hopping, mengunjungi danau atau gua, hingga bermain di pantai. Tahun ini, Maratua menggelar festival selam dan jazz untuk yang kedua kalinya, acara serupa pertama kali digelar pada tahun 2015 kemarin. Karena menunjukkan efek positif, Maratua kembali menggelar festival untuk memanjakan para penyelam dan penikmat musik jazz.

Maratua Jazz and Dive Festival [image source]
Maratua Jazz and Dive Festival [image source]

Untuk sampai di Maratua kamu bisa menggunakan beberapa alternatif kendaraan. Bandara yang terdekat dengan Maratua bernama Kalimaru, letaknya di daerah Tanjung Redep,  Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.  Bisa juga mengandalkan Bandara Juwata, Tarakan, Kalimantan Utara. Setelah itu menuju dermaga untuk naik speedboat menyeberangi lautan hingga sampai di Maratua. Jika kamu berangkat dari Tarakan, waktu tempuhnya bisa mencapai 3 jam. Namun, jika kamu dari Berau, cukup menempuh perjalanan selama satu jam saja.

Itulah beberapa ulasan tentang Maratua Jazz and Dive Festival, Jangan melewatkannya ya atau kamu harus menunggunya lagi di tahun depan.

Tayang di https://travelingyuk.com/maratua-jazz-dive-festival/20512/