Maratua Jazz & Dive Festival di Kabupaten Berau, 7-8 Oktober 2016

Liputan1.com-Maratua Jazz & Dive Festival di Kabupaten Berau, 7-8 Oktober 2016

Keindahan bahari Kabupaten Berau akan digabungkan dengan alunan musik jazz lewat Maratua Jazz & Dive Festival 2016 yang diselenggarakan pada 7-8 Oktober mendatang. Ini adalah acara yang diselenggarakan atas kerjasama WartaJazz, Yayasan Berau Lestari, Pemerintah Kabupaten Berau, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Maratua Jazz & Dive Festival 2016 terdiri dari sejumlah rangkaian kegiatan. Pertama, tentunya konser jazz yang menampilkan talenta terbaik dari maestro jazz Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan di pantai dengan latar belakang pelabuhan, Pulau Kakaban dan pemandangan sunset yang menakjubkan.

Festival ini tidak hanya melulu soal musik, tapi juga kepedulian pada alam dengan kegiatan penanaman mangrove atau bakau. Nikmati juga sajian kuliner khas yang dimasak oleh Kelompok Ekowisata Pulau Maratua, mulai dari ikan bakar, sayur hingga sajian pisang goreng berbumbu kacang. Anda yang hobi bersepeda dapat mengikuti gowes di pulau terluar Indonesia. Pecinta olahraga menyelam pun akan dimanjakan dengan biota laut Maratua yang memikat. Nikmati salah satu surga bawah laut terbaik dan temukan ubur-ubur yang tidak menyengat, threser shark, lumba-lumba, baracuda hingga pari manta.

Ada banyak paket yang disediakan oleh pihak penyelenggara. Jika Anda belum bisa menentukan kegiatan mana yang ingin diikuti, Anda dapat memilih paket Nice & Easy. Ada banyak kegiatan yang dikombinasikan secara mandiri antara lain fotografi, island hopping, mengunjungi danau atau gua, hingga bermain di pantai.

Maratua Jazz & Dive Festival 2016 diyakini dapat mendatangkan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara sekaligus mempromosikan potensi wisata Kabupaten Berau dan memberdayakan masyarakat di sekitar lokasi kegiatan.

Kepulauan Derawan di Berau, Pulau Maratua khususnya, disebut-sebut sebagai salah satu pulau paling cantik di Indonesia dengan potensi wisata bahari yang telah populer di dunia. Pulau ini menjadi pulau terluar Indonesia, terletak di Laut Selawesi, berbatasan langsung dengan Malaysia dan Filipina.

Garis pantai Maratua merupakan salah satu lokasi bertelur penyu hijau yang paling besar di Indonesia. Sementara di taman bawah lautnya, tersimpan keanekaragaman hayati laut yang tinggi, yaitu beragam jenis terumbu karang penuh warna, beragam jenis ikan, penyu hijau, pari manta, dan biota laut lainnya. Terdapat sekira 21 titik penyelaman di sekitar Pulau Maratua yang apabila terlihat di peta bentuknya serupa huruf ā€œUā€ namun dengan posisi nyaris terbalik. Dengan segala kekayaan dan keindahannya tidaklah mengherankan apabila Pulau Maratua disebut-sebut sebagai paradise island.

Bandara terdekat dari Pulau Maratua adalah Kalimarau di Tanjung Redep, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, atau bisa juga ditempuh melalui Bandara Juwata, Tarakan, Kalimantan Utara. Perjalanan dilanjutkan menggunakan speedboat dari Tanjung Batu (Berau) atau Tarakan ke Maratua. Dari Tarakan memakan waktu kurang lebih 3 jam, sementara dari Tanjung Batu ke Maratua kurang lebih 1 jam.

Informasi selengkapnya dapat mengunjungi website www.maratuajazz.com

Tayang di https://www.liputan1.com/2016/10/02/maratua-jazz-dive-festival-kabupaten-berau-7-8-oktober-2016/