Road To Maratua Jazz dan Dive Fiesta 2017

Road To Maratua Jazz dan Dive Fiesta 2017

PROKAL.CO, TANJUNG REDEB – Konser Jazz Jonathan Scales Fourchestra dari Amerika Serikat yang berlangsung di halaman Museum Batiwakkal Kesultanan Gunung Tabur, malam tadi, menjadi bagian dari Road to Maratua Jazz and Dive Fiesta yang rencana digelar pada Oktober 2017 mendatang.

Sebelum tampil menghibur masyarakat pengunjung Pasar Barambang di tepian Gunung Tabur, Jonatan Scales Fourchestra bersama Wakil Bupati Agus Tantomo dan Kedutaan Besar Amerika Serikat menggelar konferensi pers di IP Cafe Tanjung Redeb.

Gelaran Konser Jazz Jonathan Scales Fourchestra merupakan program American Music Abroad-Indonesia Tour 2017, kerja sama Pemerintah Kabupaten Berau bersama Warta Jazz dan Kedutaan Besar Amerika Serikat yang menghadirkan group musisi jazz asal Amerika yang penuh talenta dan keunikan.

Melalui event ini akan menjadi media promosi untuk gelaran Maratua Jazz and Dive Fiesta yang diharapkan akan menyedot jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Festival Maratua Jazz and Dive Fiesta merupakan kombinasi menikmati musik jazz yang dirangkai dengan kegiatan menyelam di perairan Kabupaten Berau yang keindahannya sudah sangat terkenal. Kombinasi musik jazz dan menyelam ini bahkan disebut-sebut merupakan yang pertama kali digelar di dunia. Bahkan boleh dibilang unik, karena menggabungkan keduanya menjadi satu di tempat wisata yang eksotis. Dan Festival Jazz di Pulau Maratua ini merupakan kali kedua setelah event yang sama digelar pada 2015 lalu.

Atase Kebudayaan Kedutaan Besar Amerika untuk Indonesia, Karen, mengungkapkan, pihaknya sangat senang untuk menggelar kegiatan American Music Abroad-Indonesia Tour 2017 di Kabupaten Berau.

Diakuinya, pertukaran budaya di luar Pulau Jawa, baru kali ini dilakukan oleh Kedutaan Amerika. “Kami sangat senang berada di sini, dan senang bisa ikut berpatisipasi, untuk pertama kalinya kami datang ke tempat ini membawa musisi jazz dari Amerika,” ungkapnya.

Dikatakan Karen, Jazz merupakan budaya asli Amerika yang ingin dikenalkan kepada masyarakat Indonesia. Sebaliknya, pihaknya juga ingin mengetahui dan mempelajari lebih dalam tentang kesenian dan budaya masyarakat Indonesia.

“Tujuan Kedutaan Amerika adalah membangun kemitraan dengan isntitusi (pemerintah) dan juga masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Sementara Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, menyambut baik dan berterima kasih kepada Keduataan Besar Amerika Serikat yang memilih Kabupaten Berau dalam program American Music Abroad-Indonesia Tour 2017  dan menghadirkan langsung musisi jazz dari Amerika Serikat. Terlebih program yang menjadi rangkaian Maratua Jazz and Dive Fiesta ini pembiayaannnya juga ditanggung Kedutaan Besar Amerika Serikat.

“Jadi kita didaerah hanya menyediakan tempat untuk seluruh rangkaian. Kami berterima kasih dalam dukungan ini,” ungkapnya didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau, Mappasikra Mappaseleng.

Maratua Jazz and Dive Fiesta disampaikan Agus Tantomo akan menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara. Untuk itu event yang memiliki perbedaan dengan beberapa festival jazz lainnya diyakini akan mampu menghadirkan banyak wisatawan ke Bumi Batiwakkal. Pasalnya, kunci keberhasilan promosi pariwisata menurutnya adalah perbedaan dari setiap event yang dilaksanakan.

“Maratua Jazz and Dive Fiesta ini (kombinasi music jazz dan menyelam di pulau wisata) baru pertama kali di dunia. Ini yang akan kita jual untuk mengundang wisatawan mancanegara ke Berau,” ucapnya.

Sebelumnya Jonathan Scales Fourchestra juga mengisi workshop yang diikuti para pelajar maupun pecinta musik Kabupaten Berau yang digelar di Aula SMA 1 Berau.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.