Maratua Jazz and Dive Fiesta 2017 akan Dilangsungkan Bulan Oktober

Maratua Jazz and Dive Fiesta 2017 akan Dilangsungkan Bulan Oktober

SPORTOURISM – Pulau Maratua adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Malaysia. Pulau ini merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Guna mengembangkan potensi pariwisatanya, Pemerintah Kabupaten Berau bekerja sama dengan Yayasan Berau Lestari dan WartaJazz untuk menggelar Maratua Jazz & Dive Fiesta (MJDF) yang kedua, pada tanggal 6-8 Oktober 2017.

Acara tersebut tergolong unik, pasalnya menggabungkan dua komunitas yakni jazz dan diving. Agus Setiawan Basuni, Founder sekaligus Festival Director MJDF, memproklamirkan MJDF sebagai satu-satunya acara jazz di dunia dengan konsep seperti itu.

“Nonton konser jazz bisa sambil snorkling? MJDF mungkin satu-satunya di dunia. Konsepnya adalah konser jazz di pinggir pantai. Ini (MJDF) merupakan satu-satunya festival jazz yang nungguin sunset, jadi beberapa menit sebelum sunset acara akan berhenti untuk memberi kesempatan pengunjung menyaksikan golden moment. Acara ini bahkan dimulai dengan pelepasan Tukik,” ujar Agus, saat konfrensi pers MJDF di Panggung Deep and Extreme Indonesia 2017, Jakarta Convention Centre, Kamis (30/3).

Saat ditanya target pengunjung, Agus yang juga merangkap Managing Director WartaJazz, mengatakan tahun ini MJDF menargetkan 500 orang yang membeli paket.

“Dua tahun lalu, saat MJDF pertama dilangsungkan, pembeli paket berjumlah 300 orang. Tahun ini kami menargetkan 500 orang. Namun, saat ini masih penjajakan dengan PT Pelni untuk program floating accommodation. Jika ini sukses, maka visa menambah target mencapai 1000 orang,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Berau Agus Setiawan Basuni, mengatakan bahwa penyelenggaraan MJDF pertama mengalami kendala di sektor transportasi. Untuk itu tahun ini, akan dibuka Bandar Udara (Bandara) baru di Maratua.

Keberagaman biota di maratua di maratua. Hiu tutul tebanyak di asia tenggara mencapai 40 ekor. Target kami adalah dolar,bukan hny rupiah.

“Bandara insyaallah akan dibuka bulan depan. Menurut rencana, Presiden Joko Widodo akan meresmikan pembukaan bandara tersebut. Hal itu tentu akan memudahkan kami yang menargetkan lonjakan pengunjung dari mancanegara,” ujarnya.

Dalam MJDF 2017, tak hanya dimeriahkan oleh musisi dalam negeri saja. Nicole Johanttgen (Jerman), Peter Finc (Swiss), dan Dock in Absolute (Luxemburg) merupakan nama dari mancanegara yang akan memeriahkan MJDF 2017. Sedangkan Monita Tahalea dan Idang Rasjidi adalah nama musis dalam negeri yang memeriahkan ajang jazz di pantai itu.

Harga yang dibanderol untuk menikmati serangkaian aktivitas selama tiga hari dan dua malam di Maratua Jazz & Dive Fiesta adalah Rp 3,5 juta. Dengan biaya itu, sahabat sporto sudah bisa menikmati jazz concert, dive trip, snorkling, food festival, coral day, transplantasi karang, pelepasan tukik, island hopping (Maratua-Kakaban-Singalaki-Derawan). Namun jika sahabat sporto membeli paket di pagelaran Deep & Extreme Indonesia 2017, Anda cukup mengeluarkan Rp 3.135.000. [Agung Rahmadsyah]

Tayang di https://sportourism.id/news/maratua-jazz-and-dive-fiesta-2017-akan-dilangsungkan-bulan-oktober

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.