Hingga Agustus, 3.000 Wisatawan Tembus Maratua

Hingga Agustus, 3.000 Wisatawan Tembus Maratua

PROKAL.CO, MARATUA – Jumlah wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara yang masuk ke Pulau Maratua periode Januari-Agustus 2017 telah mencapai lebih dari  3.000 orang. Data tersebut diperoleh dari sejumlah resort di Pulau Maratua. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Berau Agus Tantomo didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Berau Mappasikra kepada media ini di Pulau Maratua, kemarin (16/8).

“Jumlah wisatawan mancanegara didominasi wisatawan dari Tiongkok, ada yang lewat jalur Tarakan dan lebih banyak pula yang lewat Berau,” jelas mantan Kabag Humas Pemkab Berau ini usai menjadi narasumber Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim bekerjasama PWI Berau di Pulau Maratua, Selasa kemarin.

Menurut Mappasikra, jumlah wisatawan tersebut baru didapat dari resort di Maratua, belum lagi dihitung kunjungan wisatawan di objek wisata yang lain seperti Pulau Sangalaki dan Pulau Derawan, serta objek wisata bahari lainnya yang ada di Berau.

Mappasikra memastikan jumlah wisatawan yang masuk ke Pulau Maratua masih akan mengalami peningkatan signifikan hingga akhir tahun ini, seiring dengan terus dilakukannya peningkatan infrastruktur pariwisata di Berau dan pembangunan resort-resort khususnya di Pulau Maratua yang hingga kini semakin mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Hal itu juga didukung  dengan telah dibangunnya Bandara Wisata di Maratua yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo dalam waktu dekat. “Apalagi pada bulan September mendatang akan dilaksanakan konser Maratua Jazz yang diperkirakan bakal mendompleng jumlah wisatan yang masuk ke Pulau Maratua nanti,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Camat Maratua Marsudi yang dimintai komentarnya usai mendampingi Wakil Bupati Berau Agus Tantomo dalam acara pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut Maratua bersama sejumlah penyelam dari Komunitas Berau Jurnalis Diver dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar siang kemarin.

Lebih jauh, Marsudi membenarkan bahwa adanya sejumlah investor pariwisata yang melakukan pembangunan resort yang tentunya juga sangat direspons dengan baik oleh pemerintah dalam hal ini pemerintah Kecamatan Maratua untuk menjadikan Pulau Maratua sebagai daerah tujuan wisata di Berau.(jun/asa) 

Tayang di http://berau.prokal.co/read/news/51044-hingga-agustus-3000-wisatawan-tembus-maratua.html

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.