2018, Berau Miliki Kalender Wisata

PROKAL.CO, TANJUNG REDEB – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau dalam mendorong pertumbuhan pariwisata di Berau. Sebagai salah satu sektor andalan yang saat ini menjadi fokus pemerintah, langkah pengembangan sektor pariwisata ini pun terus digenjot.

Saat ini, Pemkab Berau sedang menyusun agenda kepariwisataan dalam bentuk kalender wisata dengan melibatkan seluruh pihak-pihak terkait. Rapat pembahasan pun dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau di Ruang Rapat Sangalaki, Sekretariat Kabupaten (Setkab) Berau yang dipimpin Wakil Bupati Agus Tantomo dihadiri sejumlah manajemen maskapai penerbangan, perhotelan, perbankan, pemilik dan pengelola resor, serta sejumlah pengusaha yang bergerak di bidang jasa pariwisata, termasuk perwakilan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Berau.

Penyusunan kalender wisata ini bakal menjadi gambaran bagi wisatawan untuk berkunjung ke Berau. Di mana, dalam kalender wisata tersebut, pemkab akan memasukkan seluruh even pariwisata yang pernah digelar sepanjang tahun 2017. Penyusunan ini menjadi agenda yang pertama kali dilakukan pemkab.

“Sudah saatnya kita melangkah ke jenjang yang lebih serius lagi dalam memajukan sektor pariwisata,” ujar Wakil Bupati Agus Tantomo, Rabu (20/12).

Ia menjelaskan, penyusunan kalender wisata harus dilakukan jauh hari sebelumnya. Sehingga, pelaksanaan even wisata yang akan digelar nantinya lebih terkonsep dengan baik. Karena menurutnya, selama ini banyak kegiatan yang kurang maksimal dilaksanakan sehingga tingkat kunjungan wisatawan tidak sesuai dengan harapan. Padahal jika kegiatan ini bisa disusun dengan matang dan melibatkan seluruh pihak maka kunjungan wisatawan pun akan membeludak.

“Pengalaman kita banyak even yang tidak terpromosikan dengan baik. Jadi tidak ada manfaat yang dirasakan,” tegas wabup.

Kepala Disbudpar Berau, Mappasikra menambahkan penyusunan kalender wisata akan dilakukan dalam beberapa minggu ke depan. Ditargetkan Januari 2018, kalender ini sudah selesai disusun, kemudian langsung diserahkan ke Kementerian Pariwisata.

“Jadi wisatawan itu datang ke sini punya banyak pilihan, mau mengikuti even yang mana saja. Tidak hanya berlibur, tapi ada agenda lain yang bisa diikuti. Sejauh ini kan ada beberapa kegiatan tahunan yang dilaksanakan, seperti lomba mancing dan Maratua Jazz,” pungkasnya.(hms5/asa)

Tayang di http://berau.prokal.co/read/news/52995-2018-berau-miliki-kalender-wisata.html